Rencana Bisnis

RENCANA BISNIS DENIM DEPOK.CO

Dikerjakan bersama :
Ahmad Riswanto (50414599) bangkersaris2@gmail.com
Alfred Radja (50414829) alfredjaya7@gmail.com
Helmi Fadhiel (54414874) helmi.fadhiel@gmail.com
Isnaeni Winanda(55414523) isnaeniwinanda20@gmail.com
Jamaludin Salam
Rendy Aprian (59414  ) rendyaprian69@gmail.com

A.    RINGKASAN EKSEKUTIF
DENIM DEPOK.CO adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi sandang yang menyediakan berbagai macam model celana jeans untuk segala jenis umur, mulai dari anak – anak hingga dewasa, baik pria maupun wanita. Seperti yang diketahui, celana jeans sudah menjadi pilihan yang cukup sering digunakan dalam berpakaian baik itu formal maupun kasual. Terlebih lagi ada beberapa jenis jeans yang dapat berubah tekstur dan warnanya seiring pemakaian dalam jangka waktu terentu. Dalam rencana pemasaran usaha, kami memasarkan secara offline store dan online store. Melalui penjualan online kami berharap bisa memudahkan para calon pembeli yang berada di luar Depok untuk bisa memesan jeans dengan hanya memberikan ukuran celana yang biasa dipakai oleh calon pembeli tersebut.

1.    Visi dan Tujuan
a)    Visi
Melengkapi gaya berpakaian simple Anda.
b)    Misi
Kami memberikan pilihan terbaik dalam berpakaian khususnya celana jeans dengan kualitas yang terbaik.
c)    Tujuan
Membuat customer memiliki celana jeans yang awet dan berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing.

2.    Struktur Organisasi dan Keanggotaan

-          Tenaga Produksi               : Ahmad Riswanto
       Alfred Radja
Tenaga produksi bertanggung jawab dalam hal produksi dan peningkatan kualitas produk.

-          Kurir                                  : Jamaludin Salam
Kurir bertanggung jawab dalam hal transport, yaitu mengirimkan barang pesanan ke alamat customer.

-          Tenaga Pemasaran          : Isnaeni Winanda
      Helmi Fadhiel
Tenaga pemasaran bertanggung jawab dalam mengelola tim penjualan, komunikasi dengan customer, program pemasaran termasuk di dalamnya pameran perdagangan dan kegiatan promosi.

-          Kasir                                  : Rendy Aprian
Kasir bertanggung jawab dalam mengelola semua anggaran biaya perusahaan dan pendapatan perusahaan.

3.    Ringkasan Kegiatan Pemasaran
Kami memanfaatkan sosial media dan offline store untuk memasarkan produk – produk kami. Kami memberikan harga spesial di setiap kelipatan tertentu dan memberikan quiz dan juga give away pada saat - saat tertentu di website resmi kami. Kami juga akan aktif membuat artikel – artikel tentang jeans untuk dibagikan kepada customer atau pengunjung web sebagai wawasan tambahan tentang celana jeans, dari jenis- jenis jeans yang ada di dunia, cara perawatan sampai ke perkembangan jeans itu sendiri.

B.    SITUASI PERUSAHAAN

DENIM DEPOK.CO ini bertempat di tempat yang cukup strategis yaitu di jantung kota Depok, tepatnya di jalan Margonda Raya. Target pasar kami mencakup semua kalangan, dari anak kecil hingga dewasa. Dalam menjalankan bisnis ini terdapat beberapa kendala yang dapat mengganggu kelancaran produksi, kendala terbesar menurut kami adalah adanya merek lain yang menjadi pesaing dalam bisnis ini. Namun kami tetap memaksimalkan semuanya agar tetap menjadi yang terbaik kedepannya.

C.   ANALISA PESAING DAN ISU – ISU YANG DIHADAPI PERUSAHAAN

1.    Analisa Pesaing
Bisnis denim dewasa ini sangat diminati oleh anak muda. Selain barang yang dijual bisa bertahan dalam waktu lama, dan tidak basi ( dalam kata lain, tidak harus stock setiap hari nya ). Denim juga merupakan bisnis yang relatif mudah untuk di terapkan.
            Sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk manusia. Dan bisnis denim masuk dalam kategori sandang, dimana setiap manusia membutuhkan pakaian. Lalu, para pelaku bisnis pakaian terus bertambah setiap hari nya. Walaupun tidak selalu memakai denim atau menargetkan anak muda, mereka tetap menjadi ancaman pesaing bisnis.
            Saat ini, di sekitar lokasi kampus E banyak terdapat bisnis pakaian. Salah satu nya adalah bisnis yang digeluti salah satu artis terkenal, yaitu asri welas. Jelas itu merupakan suatu pesaing yang berat dalam menjalani bisnis pakaian. Karena itu, strategi bisnis, perhitungan Break even point ( BEP ), menargetkan keuntungan dan memberikan harga yang cukup harus diperhatikan untuk dapat bersaing.

2.  Isu – isu  yang dihadapi oleh perusahaan
Isu yang paling besar dalam bisnis denim atau pakaian adalah saat produksi. Dimana kualitas kain yang baik dan teknik yang benar harus di perhatikan pada setiap pakaian yang dibuat. Maka dari itu, harus ada pemilih kain yang baik dalam internal perusahaan. Sementara itu, perkembangan teknologi khususnya dalam pemanfaatan social media juga menjadi isu yang patut diperhitungkan. Karena setiap orang di jaman sekarang memiliki kesempatan yang sama dalam memasarkan dagangannya. Kreatifitas lah yang menjadi kunci untuk menyelesaikan isu ini.

D.   TUJUAN PEMASARAN

1.    Mengenalkan kepada masyarakat tentang pakaian yang baik dan bagus untuk dipakai setiap hari sehingga mereka tertarik
2.    Meningkatkan volume penjualan serta mencapai BEP dalam waktu sesingkat-singkat nya.

E.    STRATEGI PEMASARAN
1.    Product

Produk yang kami tawarkan adalah berbagai jenis pakaian. Namun kami lebih berfokus di celana jeans. Kami menawarkan celana jeans yang baik dan berkualitas premium dan di jual dengan harga yang murah, mengandalkan strategi volume bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

2.    Price
Untuk harga setiap jenis produk, bisa dilihat di bawah ini.
No
Nama Barang
Jenis pakaian
Harga
1
Masukin bor


2



3



4



5









3.    Promotion

Saat ini kegiatan promosi dilakukan dengan cara menyebarkan brosur, memamerkan berbagai produk kami di depan toko dengan kondisi yang prima dan berkualitas paling baik sehingga orang yang melihat dapat menilai sendiri dan dapat membeli dengan rasa puas.
Kami juga memasarkan produk kami dengan menggunakna media berbasis online dengan menaruh display di social media seperti Instagram, facebook. Tidak lupa, juga untuk menggunakan situs e-commerce sebagai media yang lebih lengkap dalam memasarkan produk.

4.    Place

Kami akan berfokus dalam pemasaran secara offline, karena pakaian merupakan produk yang lebih baik dijual langsung. Selain pembeli dapat langsung merasakan bahan, memeriksa ukuran untuk dipakai, serta juga dapat memilih motif atau jenis yang disukai tanpa harus takut jika banyak hal yang disebutkan di atas miss.


F.    KEGIATAN PEMASARAN

Kegiatan pemasaran dalam perusahaan merupakan salah satu hal yang penting dalam penentuan sukses atau tidak nya suatu perusahaan tersebut dalam meraih untung.
Kegiatan pemasaran dilaksanakan oleh para tenaga pemasaran kami. Kami melakukan pemasaran dengan berfokus pada penyebaran brosur, melakukan giveaway, diskon, dan juga promosi-promosi yang membuat konsumen tertarik. Tenaga pemasaran kami akan menargetkan anak muda sebagai prioritas pasar dalam penjualan. Maka dari itu, mereka akan menyebarkan berbagai brosur yang berisi diskon, serta event-event yang akan dilakukan oleh perusahaan.
Tidak hanya dalam kegiatan offline, kami juga akan memasarkan produk dengan online. Tujuan penjualan online adalah agar konsumen yang tempat tinggal nya jauh dapat membeli pakaian ke perusahaan kami meskipun tidak bisa langsung mencoba, atau melihat produknya, kami akan men-guarantee-kan semua produk. Jika tidak sesuai harapan, bisa di kembalikan dan uang akan di refund.

Komentar

Postingan Populer