Rencana Bisnis
RENCANA BISNIS DENIM DEPOK.CO
Dikerjakan bersama :
Ahmad Riswanto (50414599)
bangkersaris2@gmail.com
Alfred Radja (50414829)
alfredjaya7@gmail.com
Helmi Fadhiel (54414874)
helmi.fadhiel@gmail.com
Isnaeni Winanda(55414523) isnaeniwinanda20@gmail.com
Jamaludin Salam
Rendy Aprian (59414 ) rendyaprian69@gmail.com
A. RINGKASAN EKSEKUTIF
DENIM DEPOK.CO
adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi sandang yang menyediakan
berbagai macam model celana jeans untuk segala jenis umur, mulai dari anak –
anak hingga dewasa, baik pria maupun wanita. Seperti yang diketahui, celana
jeans sudah menjadi pilihan yang cukup sering digunakan dalam berpakaian baik
itu formal maupun kasual. Terlebih lagi ada beberapa jenis jeans yang dapat
berubah tekstur dan warnanya seiring pemakaian dalam jangka waktu terentu.
Dalam rencana pemasaran usaha, kami memasarkan secara offline store dan online
store. Melalui penjualan online kami berharap bisa memudahkan para calon
pembeli yang berada di luar Depok untuk bisa memesan jeans dengan hanya
memberikan ukuran celana yang biasa dipakai oleh calon pembeli tersebut.
1.
Visi dan Tujuan
a)
Visi
Melengkapi
gaya berpakaian simple Anda.
b)
Misi
Kami
memberikan pilihan terbaik dalam berpakaian khususnya celana jeans dengan
kualitas yang terbaik.
c)
Tujuan
Membuat
customer memiliki celana jeans yang awet dan berkualitas tinggi dengan harga
yang bersaing.
2.
Struktur Organisasi dan
Keanggotaan
-
Tenaga
Produksi : Ahmad Riswanto
Alfred Radja
Tenaga
produksi bertanggung jawab dalam hal produksi dan peningkatan kualitas produk.
-
Kurir : Jamaludin
Salam
Kurir
bertanggung jawab dalam hal transport, yaitu mengirimkan barang pesanan ke
alamat customer.
-
Tenaga
Pemasaran : Isnaeni Winanda
Helmi Fadhiel
Tenaga
pemasaran bertanggung jawab dalam mengelola tim penjualan, komunikasi dengan
customer, program pemasaran termasuk di dalamnya pameran perdagangan dan
kegiatan promosi.
-
Kasir : Rendy Aprian
Kasir
bertanggung jawab dalam mengelola semua anggaran biaya perusahaan dan
pendapatan perusahaan.
3.
Ringkasan Kegiatan Pemasaran
Kami
memanfaatkan sosial media dan offline store untuk memasarkan produk – produk
kami. Kami memberikan harga spesial di setiap kelipatan tertentu dan memberikan
quiz dan juga give away pada saat - saat tertentu di website resmi kami. Kami
juga akan aktif membuat artikel – artikel tentang jeans untuk dibagikan kepada
customer atau pengunjung web sebagai wawasan tambahan tentang celana jeans,
dari jenis- jenis jeans yang ada di dunia, cara perawatan sampai ke
perkembangan jeans itu sendiri.
B.
SITUASI
PERUSAHAAN
DENIM
DEPOK.CO ini bertempat di tempat yang cukup strategis yaitu di jantung kota
Depok, tepatnya di jalan Margonda Raya. Target pasar kami mencakup semua
kalangan, dari anak kecil hingga dewasa. Dalam menjalankan bisnis ini terdapat
beberapa kendala yang dapat mengganggu kelancaran produksi, kendala terbesar
menurut kami adalah adanya merek lain yang menjadi pesaing dalam bisnis ini.
Namun kami tetap memaksimalkan semuanya agar tetap menjadi yang terbaik
kedepannya.
C.
ANALISA
PESAING DAN ISU – ISU YANG DIHADAPI PERUSAHAAN
1. Analisa
Pesaing
Bisnis
denim dewasa ini sangat diminati oleh anak muda. Selain barang yang dijual bisa
bertahan dalam waktu lama, dan tidak basi ( dalam kata lain, tidak harus stock
setiap hari nya ). Denim juga merupakan bisnis yang relatif mudah untuk di
terapkan.
Sandang merupakan salah satu
kebutuhan pokok untuk manusia. Dan bisnis denim masuk dalam kategori sandang,
dimana setiap manusia membutuhkan pakaian. Lalu, para pelaku bisnis pakaian
terus bertambah setiap hari nya. Walaupun tidak selalu memakai denim atau
menargetkan anak muda, mereka tetap menjadi ancaman pesaing bisnis.
Saat ini, di sekitar lokasi kampus E
banyak terdapat bisnis pakaian. Salah satu nya adalah bisnis yang digeluti
salah satu artis terkenal, yaitu asri welas. Jelas itu merupakan suatu pesaing
yang berat dalam menjalani bisnis pakaian. Karena itu, strategi bisnis,
perhitungan Break even point ( BEP ), menargetkan keuntungan dan memberikan
harga yang cukup harus diperhatikan untuk dapat bersaing.
2. Isu
– isu yang dihadapi oleh perusahaan
Isu
yang paling besar dalam bisnis denim atau pakaian adalah saat produksi. Dimana
kualitas kain yang baik dan teknik yang benar harus di perhatikan pada setiap
pakaian yang dibuat. Maka dari itu, harus ada pemilih kain yang baik dalam
internal perusahaan. Sementara itu, perkembangan teknologi khususnya dalam
pemanfaatan social media juga menjadi isu yang patut diperhitungkan. Karena
setiap orang di jaman sekarang memiliki kesempatan yang sama dalam memasarkan
dagangannya. Kreatifitas lah yang menjadi kunci untuk menyelesaikan isu ini.
D. TUJUAN
PEMASARAN
1. Mengenalkan
kepada masyarakat tentang pakaian yang baik dan bagus untuk dipakai setiap hari
sehingga mereka tertarik
2. Meningkatkan
volume penjualan serta mencapai BEP dalam waktu sesingkat-singkat nya.
E. STRATEGI
PEMASARAN
1. Product
Produk yang kami tawarkan adalah berbagai jenis
pakaian. Namun kami lebih berfokus di celana jeans. Kami menawarkan celana
jeans yang baik dan berkualitas premium dan di jual dengan harga yang murah,
mengandalkan strategi volume bisnis untuk mendapatkan keuntungan.
2. Price
Untuk harga setiap jenis produk, bisa dilihat di bawah ini.
No
|
Nama
Barang
|
Jenis
pakaian
|
Harga
|
1
|
Masukin bor
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
3. Promotion
Saat
ini kegiatan promosi dilakukan dengan cara menyebarkan brosur, memamerkan
berbagai produk kami di depan toko dengan kondisi yang prima dan berkualitas
paling baik sehingga orang yang melihat dapat menilai sendiri dan dapat membeli
dengan rasa puas.
Kami
juga memasarkan produk kami dengan menggunakna media berbasis online dengan
menaruh display di social media seperti Instagram, facebook. Tidak lupa, juga
untuk menggunakan situs e-commerce sebagai media yang lebih lengkap dalam
memasarkan produk.
4. Place
Kami akan berfokus dalam pemasaran secara offline,
karena pakaian merupakan produk yang lebih baik dijual langsung. Selain pembeli
dapat langsung merasakan bahan, memeriksa ukuran untuk dipakai, serta juga
dapat memilih motif atau jenis yang disukai tanpa harus takut jika banyak hal
yang disebutkan di atas miss.
F. KEGIATAN PEMASARAN
Kegiatan
pemasaran dalam perusahaan merupakan salah satu hal yang penting dalam
penentuan sukses atau tidak nya suatu perusahaan tersebut dalam meraih untung.
Kegiatan
pemasaran dilaksanakan oleh para tenaga pemasaran kami. Kami melakukan
pemasaran dengan berfokus pada penyebaran brosur, melakukan giveaway, diskon,
dan juga promosi-promosi yang membuat konsumen tertarik. Tenaga pemasaran kami
akan menargetkan anak muda sebagai prioritas pasar dalam penjualan. Maka dari
itu, mereka akan menyebarkan berbagai brosur yang berisi diskon, serta
event-event yang akan dilakukan oleh perusahaan.
Tidak
hanya dalam kegiatan offline, kami juga akan memasarkan produk dengan online.
Tujuan penjualan online adalah agar konsumen yang tempat tinggal nya jauh dapat
membeli pakaian ke perusahaan kami meskipun tidak bisa langsung mencoba, atau
melihat produknya, kami akan men-guarantee-kan semua produk. Jika tidak sesuai
harapan, bisa di kembalikan dan uang akan di refund.
Komentar
Posting Komentar